BP Batam Siap Terima Penetapan Statusnya Oleh Pemerintah Pusat

Lukita Dinarsyah Tuwo, Kepala BP Batam (Foto: dwnews)

DiamondNews, Batam – Wacana pemerintah pusat yang akan meleburkan BP Batam, dan dibawah pemerintah daerah secara ex-officio, terus bergulir dalam sepekan ini. Kepala BP Batam menyatakan siap untuk menerima keputusan tentang status lembaganya oleh pemerintah pusat.

Kepala badan pengusahaan kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas batam (BP Batam) menyatakan siap menerima status lembaganya yang akan ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Wacana yang terus bergulir dalam sepekan ini, berawal dari tujuan presiden Joko Widodo untuk mempercepat pembangunan di Batam yang dinilai lamban. Untuk itu, solusi yang akan dilakukan adalah dengan menghilangkan dualisme pengelolaan antara BP Batam dan Pemko Batam, sehinnga kedua institusi pemerintah tersebut dilebur dibawah pemerintah daerah secara ex-officio.

Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan, berdasarkan hasil rapat menko beberapa waktu lalu, yang dilebur hanya level pimpinan. Lukita dan para pejabat BP Batam mengaku siap menerima dan menjalankan hal tersebut, sambil menunggu regulasi yang akan menjadi dasar hukum untuk menjalankan fungsi dan status jabatan kepala BP Batam.

Terkait banyaknya investor baru yang akan masuk, semua akan ditunda, sebab untuk investasi jangka panjang, harus disesuaikan dengan kriteria dan perhitungan pimpinan BP Batam yang baru.

Meskipun demikian BP Batam tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat maupun para investor terkait kebutuhannya, hingga terbitnya regulasi terkait status dan posisi pejabat pada lembaga ini.

Wacana perubahan status BP Batam ini bukan kali yang pertama terjadi, sehingga ketidak pastian ini berdampak pada adanya keraguan para investor untuk melanjutkan investasinya.

(red)

 

 

, , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *