Jelang Hari Raya Natal, Sejumlah Harga Kebutuhan Merangkak Naik

Suasana Pasar Botania 2 Batam Centre (Foto: dwnews)

DiamondNews, Batam – Menjelang hari Raya Natal , harga sembako dan komoditas sayuran di Kota Batam mulai merangkak naik  di Pasar Botania 2, Batam Centre, Rabu (19/12/2018).

Berdasarkan pantauan Diamond News di pasar Botania 2, rata-rata harga bahan kebutuhan pokok mulai mengalami kenaikan harga, terutama cabai merah dan bawang merah serta bawang putih.

Reynold, salah seorang pedagang di pasar Botania 2  mengatakan, harga bawang merah yang biasanya 28 ribu rupiah per kilogram, saat ini naik menjadi 35 ribu rupiah perkilogramnya.

 

Reynold menjelaskan,  kenaikan harga bawang merah ini sudah terjadi sejak 2 hari yang lalu, karena mirnimnya pasokan dan kurangnya stock di Kota Batam. Selain kurangnya stock, kenaikan harga ini di sebabkan oleh cuaca buruk beberpa waktu belakangan sehingga menghambat pasokan  bawang dari pulau Jawa, yaitu dari daerah Brebes dan Purbolinggo.

 

Menurutnya, kenaikan harga bawang merah ini disebabkan karena cuaca buruk sehingga para petani mengalami gagal panen. Kondisi ini mengakibatkan harga bawang merah yang biasanya 28 ribu rupiah per kilogram, saat ini naik menjadi 35 ribu rupiah perkilogramnya.

 

Reynold menambahkan,  selain bawang merah telur ayam juga sudah mengalami  kenaikan harga.

 

Ia menuturkan, telur yang biasanya perpapannya dihargai 40 ribu rupiah, kini naik menjadi 43 hingga 44 ribu rupiah perpapan.

 

Sementara komoditas lain seperti  cabai merah juga mengalami kenaikan yang signifikan dari Rp. 30.000 per kg kini menjadi Rp. 40.000 per kg.

Sementara untuk harga sayur – sayuran juga tidak mengalami perubahan
harga yang signifikan, seperti sayur kangkung, tomat, kol, sawi
hijo, wortel, labu, terong serta buncis masih berkisar di antara Rp. 7000 sampai Rp 8000 perkilogramnya.

(red)

 

, , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *