Polres Bintan Gelar Rakor Pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019

Rapat koordinasi lintas sektoral (Foto: Humas Polda Kepri)

DiamondNews,  Bintan – Menjelang hari Natal 2018 dan perayaan Tahun Baru 2019, Polres Bintan menggelar acara Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Operasi Lilin Seligi 2018 yang berlangsung di Rupatama Polres Bintan hari Rabu (19/12/2018).

 

Rapat koordinasi dipimpin oleh Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang, SIK, M.Si dan dihadiri oleh Bupati Bintan yang diwakili oleh Asisten 1 Bupati Bintan Drs. Ismail, M.Pd, Kafasharhan TNI AL Mentigi Kolonel Laut (T) Mulyatna, Komandan Kodim 0315 Bintan (diwakili), Komandan Satuan Radar 213 Bintan, Komandan Batalyon B Pelopor Satbrimobda Kepri, Komandan Kompi Raider Khusus 136/TS, Pejabat Utama Polres Bintan dan Kapolsek jajaran Polres Bintan, unsur pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah Kab. Bintan, Kepala KSOP Kijang, pimpinan Pelindo Kijang, pimpinan PT. ASDP Indonesia Ferry Tanjung Uban, perwakilan PT. Pertamina dan Satgas Tagana Kab. Bintan serta perwakilan Pramuka Saka Bhayangkara Polres Bintan.

 

Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang, SIK, M.Si dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa Operasi Lilin Seligi 2018 yang akan digelar ini dalam rangka mengantisipasi keamanan pada perayaan Natal 2018 dan menyambut Tahun Baru 2019 mengingat momen tahun ini bertepatan dengan musim liburan sekolah yang cukup panjang dan puncaknya pada malam pergantian tahun baru 2019.

“Operasi Lilin Seligi 2018 akan berlangsung selama 10 hari yang dimulai pada tanggal 23 Desember 2018 sampai dengan tanggal 1 Januari 2019, khusus untuk pengamanan di Pantai Trikora waktunya akan diperpanjang mengingat musim liburan sekolah dan banyaknya pengunjung yang melakukan aktifitas dilokasi tersebut” ujar Kapolres Bintan.

“Pada hari Jumat tanggal 21 Desember 2018 yang akan datang Polres Bintan akan mengadakan Gelar Pasukan Operasi Lilin Seligi 2018, selanjutnya pada tanggal 24 Desember 2018 tepatnya pada malam hari, Polres Bintan bersama dengan personil Batalyon B Satbrimobda Kepri akan melakukan sterilisasi di gereja di wilayah hukum Polres Bintan dalam rangka memberikan rasa aman aman kepada jemaat Nasrani yang akan melaksanakan ibadah di gereja nantinya” sambung AKBP Boy.

Dalam pelaksanaan Operasi Lilin Seligi 2019 ini Polres Bintan akan mengerahkan personil pengamanan sejumlah 372 orang yang terdiri dari personil Polri, unsur gabungan TNI dan instansi terkait lainnya, sementara Pos Pengamanan yang yang disiapkan sebanyak 8 unit, Pos Pengamanan Bergerak sebanyak 1 unit yang diawaki oleh anggota Satpolair Polres Bintan Pos Terpadu sebanyak 1 unit yang berada di Pelabuhan ASDP Tanjung Uban serta Pos Pelayanan sebanyak 2 unit yang berlokasi di Pantai Trikora dan Simpang KM 16 Kec. Gunung Kijang.

Sementara objek vital yang akan dijadikan sasaran pengamanan sebanyak 142 titik antara lain gereja 37 unit, lokasi pergantian tahun sebanyak 12 tempat, lokasi wisata 8 tempat, pelabuhan laut 6 lokasi, RSUD 2 tempat, Bank sebanyak 24 lokasi, Anjungan Tunai Mandiri 25 unit dan 28 unit berupa Resort.

Kabag Ops Polres Bintan Kompol Robinson Sembiring menuturkan dalam pelaksanaan Operasi Lilin Seligi 2018 ini perkiraan terjadinya gangguan kamtibmas mengacu pada pasca acara Reuni Akbar Alumni 212 di Jakarta dan ditetapkannya Habib Bahar Bin Smith sebagai tersangka dalam perkara ujaran kebencian serta adanya gerakan penolakan dari masyarakat terhadap gereja yang belum memiliki izin serta lonjakan harga sembako jelang hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

“Untuk wilayah Kabupaten Bintan yang menjadi atensi yaitu perubahan kondisi cuaca yang cukup signifikan, intensitas curah hujan saat ini cukup tinggi yang disertai dengan tingginya gelombang laut, sangat rawan dengan terjadinya kasus laka laut dan perlunya diantisipasi terhadap penyeberangan orang dan barang antar pulau dengan menggunakan transportasi laut” ujar Kompol Sembiring.

Koordinasi dan sinergitas yang telah terjalin baik selama ini dengan unsur stake holder yang ada di Kab. Bintan akan menjamin pelaksanaan Operasi Lilin Seligi 2018 berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.

 

(red)

Tinggalkan Balasan