Disduk Capil Pemko Batam Musnahkan 50.390 E-KTP Rusak

Pemusnahan E-KTP rusak oleh Disduk Capil Kota Batam (Foto: dwnews)

DiamondNews, Batam – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk Capil), pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, memusnahkan  sebanyak 50.390 keping KTP elektronik invalid atau rusak. Pemusnahan dilakukan di lapangan depan kantor Disduk Capil, Sekupang, pada Kamis (20/12/2018).

Kepala Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil pemko Batam, Said Khaidar, mengatakan, 50.390 e-ktp yang dimusnahkan ini adalah milik warga yang rusak, gagal cetak atau e-ktp yang mengalami perubahan data. Kerusakan bisa terjadi saat proses pencetakan, sehingga harus dibuat ulang. Ada juga yang berasal dari pergantian e-ktp akibat ganti status, pindah alamat dan rusak oleh pemiliknya. Jumlah ini dikumpulkan dari tahun 2011 hingga 2018 di kantor disduk capil dan juga dari seluruh kecamatan.

Wakil Walikota Batam yang ikut menyaksikan pemusnahan ini, Amsakar Achmad, mengatakan, tujuan pemusnahan ini adalah agar e-ktp rusak tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu. Sekaligus menghindari jangan sampai ada persepsi yang muncul di tahun kontestasi politik ini. Apalagi dalam beberapa waktu terakhir ini, terdapat beberapa kasus ktp elektronik yang tercecer dan kasus itu menjadi viral diperbincangkan di media massa.

Pemusnahan 10 kardus ktp elektronik ini, disaksikan oleh perwakilan Polresta Barelang, TNI, Kejaksaan, PTUN dan Bawaslu Batam. Pemusnahan e-ktp ini merupakan instruksi kementerian dalam negeri yang ditargetkan pada 20 desember 2018 sudah dimusnahkan di seluruh Indonesia.

(red)

 

, , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *