Angkatan laut China Uji Rudal Dengan Kapal Selam yang Bisa Bawa Nuklir ke AS

ilustrasi kapal selam (Foto: istimewa)

DiamondNews, Beijing – Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China baru-baru ini melakukan uji coba rudal Julong (JL)-3 yang diluncurkan dari kapal selamnya. Misil balistik ini bisa membawa hulu ledak nuklir ke target di mana pun di wilayah Amerika Serikat (AS).

Uji coba misil berkemampuan nuklir itu dilaporkan The Diplomat, 20 Desember 2018.

Laporan itu mengatakan misil JL-3 diluncurkan 24 November dari kapal selam konvensional yang dimodifikasi di Laut Bohai. Sumber laporan itu dari pejabat pemerintah Amerika Serikat.

Misil JL-3 memiliki jangkauan terbang lebih dari 5.500 mil. Jangkauan ini lebih panjang dari pendahulunya; misil JL-2 yang dapat menempuh jarak 4.300 mil.

Sekadar diketahui, pemerintah China telah menginvestasikan miliaran dolar selama 15 tahun terakhir untuk meningkatkan kekuatan kapal selamnya yang dapat memusnahkan seluruh kota dan pangkalan militer AS tanpa melakukan perjalanan terlalu jauh dari pantainya.

Laporan Departemen Pertahanan AS tentang Kekuatan Militer China Tahun 2018 mengatakan Beijing sedang bersiap membangun kapal selam Tipe 096 yang akan dipersenjatai dengan rudal JL-3. Pembangunan kapal itu diperkirakan akan dimulai pada awal tahun 2020.

Kapal Tipe 096 akan menggantikan kapal selam Tipe 094 kelas Jin yang sudah tua.

“Operasional empat SSBN (kapal selam rudal balistik) kelas Jin China mewakili penangkal nuklir dasar laut pertama yang kredibel,” tulis Departemen Pertahanan AS dalam laporan itu.

Semantara itu, pihak berwenang di Beijing membantah perihal uji coba rudal berkemampuan nuklir yang bisa mengancam AS.

 

(red)

 

 

, ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *