Tersangka Otak Pemboman Abuja 2015 Akhirnya Ditangkap Polisi Nigeria

Polisi Nigeria menunjukkan beberapa militan Boko Haram yang berhasil ditangkap dalam operasi di Maiduguri, Nigeria (Foto: ilustrasi/istimewa)

DiamondNews, Abuja – Polisi Nigeria menangkap tersangka otak serangan bom tahun 2015 di ibukota Abuja oleh kelompok militan Muslim Boko Haram yang menewaskan 15 orang.

Polisi menyebut laki-laki itu sebagai Umar Abdulmalik dan mengatakan ia dan orang-orang lain yang ditangkap telah mengakui pemboman itu, kaburnya lebih dari 100 tahanan pada Juni lalu, pembunuhan tujuh petugas polisi pada Juli lalu dan berbagai perampokan bank.

Belum ada komentar dari pengacara yang mewakili Abdulmalik, yang menurut polisi ditangkap di ibukota komersial Lagos, hari Kamis.

Polisi merilis foto Abdulmalik dengan tangan diborgol di depan mobil van, dan tujuh lainnya di depan senjata, walkie-talkie, mesin kartu kredit dan amunisi.

Sudah lebih dari 30 ribu orang dibunuh dan jutaan orang terpaksa mengungsi akibat kekerasan yang dilancarkan Boko Haram selama 10 tahun untuk menegakkan negara Islam di Nigeria timur laut.

Kampanye militer oleh Nigeria dan negara-negara tetangganya mendorong kelompok itu keluar dari sebagian besar wilayahnya sejak awal tahun 2015, tetapi pertempuran berlanjut.

Selama setahun ini, kelompok sempalan yang bersekutu dengan ISIS telah menjadi cabang yang dominan, menewaskan ratusan tentara dan seringkali merebut pangkalan militer.

 

(red)

Tinggalkan Balasan