Demonstran Blokir Jalan di Ibukota Lebanon Memprotes Keadaan Ekonomi dan Politik

Demosntrasi di Ibukota Lebanon (Foto: REUTERS/Mohamed Azakir)

DiamondNews, Beirut – Ratusan orang memprotes di Beirut pada hari Minggu atas keadaan ekonomi dan politik Lebanon dengan beberapa demonstran secara singkat memblokir beberapa jalan utama di ibukota.

Mayoritas pengunjuk rasa berkumpul di dekat kantor pusat pemerintah di mana beberapa orang mengenakan rompi kuning yang menggemakan protes “rompi kuning” Perancis dalam beberapa pekan terakhir. Permintaan termasuk perawatan medis gratis, harga makanan lebih rendah dan pemotongan pajak.

Beberapa kemudian tumpah ke jalan-jalan di sekitar Beirut, dengan tong sampah dibakar di satu jalan utama di mana pertikaian terjadi antara demonstran dan tentara yang berusaha membuka jalan, Lebanon National News Agency melaporkan.

Sebuah pernyataan militer menyerukan “protes damai dan tidak menyerang properti publik dan pribadi”.

Politisi Libanon belum menyetujui pemerintahan persatuan nasional yang baru lebih dari tujuh bulan sejak negara itu mengadakan pemilihan umum.

Perdana Menteri yang ditunjuk Saad al-Hariri mengatakan pada hari Jumat ia berharap untuk menyelesaikan perjanjian pemerintah hari itu. Tetapi politisi senior mengatakan pada hari Sabtu muncul hambatan baru yang menghambat proses tersebut.

Lebanon, yang sangat berhutang budi dan menderita karena pertumbuhan ekonomi yang rendah, sangat membutuhkan pemerintahan untuk memberlakukan reformasi yang lama macet dan menempatkan utang publik pada pijakan yang berkelanjutan. Bank Dunia mengatakan tingkat kemiskinan resmi terbaru yang tersedia menunjukkan bahwa hampir sepertiga penduduk Lebanon miskin.

 

(red)

Sumber : Reuters

Tinggalkan Balasan