Korban Tsunami Selat Sunda Apresiasi Kunjungan Presiden dan Menhub

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengunjungi posko pengungsian korban tsunami Selat Sunda di Kampung Banyu Mekar, Desa Banyu Mekar, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (24/12/2018). (Foto: Humas Kemenhub)

DiamondNews, Banten – Pasca bencana tsunami yang melanda kawasan Selat Sunda, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi langsung turun meninjau lokasi bencana dan pengungsian, pada Senin (24/12/2018).

 

Kedatangan Menhub ini disambut antusias para pengungsi dan warga Kampung Banyu Mekar, Desa Banyu Mekar, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten.

 

Dalam sambutannya di hadapan warga, Menhub menyampaikan amanat dan pesan presiden agar masyarakat bersabar dalam menghadapi bencana.

 

Menhub menyampaikan bahwa presiden juga sedang berkunjung ke beberapa lokasi lain di kawasan yang terdampak bencana tsunami di Banten.

 

Dikatakannya, Presiden Jokowi ingin memastikan bahwa penanganan dampak bencana tsunami dapat diselesaikan dengan cepat dan baik, terutama evakuasi korban dan adanya bantuan pelayanan kesehatan.

 

“Kita semua berduka atas musibah ini. Mari do’akan saudara-saudara kita yang menjadi korban, yang meninggal dalam bencana ini, agar diterima di Sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan bisa bersabar. Juga kita berdo’a dan bekerja keras agar para korban yang belum ditemukan, bisa segera ditemukan, selanjutnya untuk para pengungsi sesegara mungkin kebutuhan pokok di pengungsian segera dipenuhi,” ujar Budi Karya Sumadi saat berbicara di hadapan pengungsi.

 

Ikah, warga Banyu Mekar menyampaikan terimakasih atas kedatangan Menhub tersebut. Menurutnya, kedatangan presiden dan para menteri ke lokasi bencana menunjukan kepedulian dan reaksi cepat tanggap dari pemerintah.

 

Ikah berharap agar penanganan kebutuhan mendesak khususnya untuk para korban bisa dilakukan dengan cepat.

 

“Di sini, di lokasi mengungsi, dibutuhkan dapur umum, selimut, tenda. Sementara yang di lokasi rumah rusak, membutuhkan bantuan rehab. Tapi kita berharap prioritas sekarang menemukan korban hilang, kasihan keluarganya,” tutur Ika.

 

Di lokasi-lokasi yang menjadi tempat pengungsian juga didapati sudah masuk para relawan kemanusiaan. Mereka hadir membantu penanganan tanggap darurat.

 

Di lokasi yang dikunjungi Menhub, didapati posko Relawan Banten Bersatu. Dede Kodrat yang tampak mendampingi Menhub menjelaskan bahwa timnya bergerak sejak bencana terjadi dan bersama-sama dengan warga bahu membahu menangani dampak bencana.

 

“Kami berkoordinasi dengan banyak pihak, membantu penanganan yang penting seperti manangani korban yang selamat tapi terluka, membantu warga di pengungsian, menguatkan hati para korban agar kuat dan bisa melewati musibah ini dengan tangguh,” kata Dede Kodrat.

 

Daerah pesisir di Kabupaten Pandeglang merupakan kawasan yang paling banyak jumlah korban dan kerusakannya dibandingkan daerah lain. Bahkan mungkin data korban dan kerusakan masih akan bertambah mengingat belum semua berhasil didata.*

 

(red)

 

Reporter : Hamdi Putra

Tinggalkan Balasan