Pemerintah Jepang Siap Bantu Pemulihan Tsunami Selat Sunda

Tsunami di Selat Sunda (Foto: istimewa)

DiamondNews, Tokyo – Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe dilaporkan telah melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon dengan Presiden Indonesia, Joko Widodo, membahas mengenai tusnami yang terjadi di Selat Sunda.

Menurut keterangan Kedutaan Besar Jepang di Jakarta yang diterima Sindonews pada Selasa (25/12), pembicaraan itu berlangsung pada siang hari ini dan berlangsung selama kurang lebih 10 menit.

Dalam pembicaraan itu, Abe awalnya menyampaikan bahwa hati beliau sangat sedih atas berita tentang banyaknya korban jiwa serta penderitaan dahsyat yang disebabkan oleh tsunami yang melanda Selat Sunda, serta menyampaikan belasungkawa kepada korban jiwa dan rasa simpati kepada para korban yang terkena dampak atas bencana ini.

“Dia menyatakan ketersediaan Jepang untuk memberikan bantuan semaksimal mungkin termasuk bantuan darurat yang dibutuhkan,” kata kedubes Jepang.

“Abe juga menyampaikan bahwa Jepang dan Indonesia sama-sama negara rawan bencana maka kedua pihak saling mengerti akan kesulitan yang muncul akibat bencana, dan Jepang selalu bersama dengan Indonesia dalam mengatasi masa sulit ini,” sambungnya.

Menanggapi hal tesebut, lanjut kedubes Jepang, Jokowi mengatakan bahwa dia berterima kasih atas ucapan simpati yang hangat dari Jepang serta melanjutkan tanggapan untuk berkonsentrasi pada keselamatan nyawa dan evakuasi penduduk untuk sementara.

 

(red)

 

 

, , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *