Batam Peduli Bencana Kumpulkan Rp 121 Juta di Malam Tahun Baru

Yusfa Hendri (Foto: istimewa)

DiamondNews, Batam – Donasi sebesar Rp 121.126.000 terkumpul di acara doa dan zikir Batam Peduli Bencana Alam di Dataran Engku Putri Batam Centre, Senin (31/12). Kegiatan ini diadakan dalam rangka malam pergantian tahun 2018 ke 2019.

Bantuan dihimpun dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Batam sebanyak Rp 82.500.000. Serta donasi dari jemaah zikir dan pengunjung malam tahun baru sebesar Rp 38.626.000.

“Perayaan malam tahun baru kita kali ini dikonsep berbeda. Acara kita mulai dengan doa dan zikir. Setelah itu hiburan. Dan tidak ada kembang api. Selain itu kita juga menggalang dana untuk disumbangkan ke saudara-saudara kita, korban tsunami di Banten dan Lampung. Alhamdulillah dana yang terkumpul sebanyak Rp 121.126.000,” papar Ketua Panitia Hari Jadi Kota Batam ke-189, Yusfa Hendri, Selasa (1/1).

Ia mengatakan penggalangan dana untuk korban bencana Banten dan Lampung ini akan terus dilakukan hingga 31 Januari mendatang. Pemko Batam akan terus menggalang partisipasi dari berbagai pihak, baik instansi pemerintah maupun swasta, dan  sekolah.

Pemko Batam melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat juga membuka peluang donasi dari pihak lain yang berkenan meringankan derita mereka yang tertimpa musibah.

“Sebelumnya Pemko Batam juga menggalang dana bantuan untuk korban gempa Lombok sebesar Rp 2 miliar, dan untuk tsunami di Palu sekitar Rp 3 miliar. Ini sebagai bentuk keprihatinan dan rasa kebersamaan dari warga Batam untuk saudara sebangsa yang terkena bencana,” sebut Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdako Batam ini.

Sementara itu, Walikota Batam Muhammad Rudi saat malam pergantian tahun mengatakan kegiatan zikir dan doa dilaksanakan untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar Batam selalu terlindungi dari marabahaya dan bencana.

“Apa yang terjadi di daerah Indonesia lain harus kita merasakan betapa sengsaranya mereka menghadapi permasalahan meletusnya gunung dan terjadinya tsunami. Kita berdoa mudah-mudahan Batam dijauhi dari malapetaka,” kata Rudi.

“Maka sebelum masyarakat Batam memperingati tahun baru, kita mengajak semua, ayo berdoa semoga Kota Batam diberikan kecerahan, kemudahan, keselamatan buat kita semua. Sehingga Batam tetap aman damai di bawah lindungan Allah dengan masyarakatnya yang selalu bersyukur kepada Allah. Mudah-mudahan di Batam betul-betul tidak terjadi apa yang terjadi di daerah lain,” sambungnya.

(red)

 

,