11 Faskes Layani Pemberian Obat HIV

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi (Foto: Humas Pemko Batam)

DiamondNews, Batam – Sebelas fasilitas kesehatan di Kota Batam layani pengobatan HIV/AIDS. Yakni Puskesmas Sekupang, Lubukbaja, Batuaji, Botania, Sambau, dan Sei Langkai. Serta RSOB BP Batam, RSUD Embung Fatimah, RS Awal Bros, RS Elisabeth Lubukbaja, dan RS Budi Kemuliaan.

“Tapi alat yang paling lengkap ada di Puskesmas Lubukbaja,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi di Sekupang, beberapa waktu lalu.

Fasilitas kesehatan ini menyediakan obat Antiretroviral (ARV) bagi orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Obat ARV ini mampu menekan perkembangan virus HIV di dalam darah sehingga kekebalan tubuh ODHA tetap terjaga.

Sementara untuk pengecekan atau screening HIV/AIDS bisa dilakukan di semua rumah sakit dan puskesmas. Tidak semua fasilitas kesehatan bisa berikan layanan pengobatan karena keterbatasan tenaga medis terlatih.

“Dokternya khusus. Ada pelatihannya,” kata dia.

Didi mengatakan pada 2018 terdapat 718 penderita HIV baru di Batam. Terdiri dari 486 laki-laki dan 232 perempuan. Mereka berasal dari berbagai bidang pekerjaan atau profesi.

Jumlah penderita baru HIV terbanyak adalah kelompok buruh/karyawan pabrik. Yakni sebanyak 151 jiwa. Sedangkan paling rendah adalah kelompok nelayan, petani, atau peternak, sebanyak dua orang.

 

 

(red)

Tinggalkan Balasan