Gempa Bumi Tektonik 6,7 Mengguncang Kabupaten Sumba Barat, Tidak Berpotensi Tsunami

(Foto: BMKG)

DiamondNews, Sumba Barat – Gempa bumi kembali mengguncang Sumba Barat dengan kekuatan 6,7 skala richter dengan kedalaman 15 hm, pada koordinat 10,59 LS dan 119 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 114 km arah barat daya Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur, Selasa, (22/1/2019), pukul 13:10:03 WITA

Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Sumba Barat ini dibangkitkan oleh sesar naik (Thrust Fault).

 

Guncangan dirasakan di daerah Waingapu, Waikabubak IV MMI, Bima III- IV MMI, Tambolaka, Sumbawa, Mataram III MMI, Lombok Barat II-III MMI, Denpasar II – III dan Lombok Utara II MMI .

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami

 

Sejak pukul 07:59 WITA hingga pukul 13:55 WITA wilayah Pulau Sumba, telah terjadi aktivitas gempabumi sebanyak 20 kali.  BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

 

(red)

, ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *