KSP Sediakan Ruang Bagi Penggiat Digital Berkarya

(Foto: Diskominfo/ Novyana)

DiamondNews, Tanjungpinang – Penggiat digital di Kepri kini tak perlu bingung lagi untuk mencari lokasi untuk mengembangkan berkarya. Melalui Kepri Co-Working Space (KCS), Pemprov Kepri menyediakan ruang dan tempat bagi anak muda Kepri untuk mengembangkan aplikasi, mendesain dan menyalurkan kreatifitas digital.

“KCS ini satu dari lima produk layanan yang berada di bawah atap KSP (Kepri Smart Province). Ini menjadi ruang dan tempat bagi generasi milenial untuk berkarya dibidang digital. Tersedia fasilitas untuk para start-up untuk mengembangkan karya,” ujar Andi Amirullah, SE, Kasi Sumber Daya Komunikasi Publik pada Dinas Kominfo Kepri, Selasa (22/1/19).

Di KSP disediakan ruang bagi para start-up dan pelaku digital untuk menggelar rapat, seminar maupun pelatihan. Ruang tersebut dilengkapi dengan televisi layar lebar untuk pemaparan, yang dapat digunakan untuk untuk teleconference.

“Jadi kalau ada pelatihan dan narasumbernya berada di luar kota, bisa teleconference,” tambah Andi. Produk teleconference tersebut bernama Kepri Smart Conference (KSC), yang dilengkapi dengan wifi yang dapat digunakan untuk kebutuhan para pelaku digital.

Selain KCS, juga ada produk layanan lain yaitu Kepri Digital Exhibition (KDE). Produk ini diperuntukan bagi pelaku usaha di Kepri juga dapat menggelar pameran berbasis digital. Disediakan infrastruktur berteknologi tinggi, yang dapat mendukung display produk secara digital dari masing-masing booth.

Tak kalah dari produk lain, Pak Din Asikk telah lebih dulu populer. Produk Artikel dan Konten Digital Informasi Jaman Now (Pak Din), berupa news, mediagrafis, infografis, videografis, V-log, animasi, foto dan meme yang disebarluaskan melalui Aksi sinergitas Informasi Komunikasi Kepri (Asikk).

Pak Din Asikk ini diluncurkan pada 3 Januari 2018 lalu. Telah menyebarluaskan informasi tentang program, kegiatan dan capaian Provinsi Kepri melalui media website baik milik pemerintah maupun swasta, radio dan media sosial.

“Pak Din Asikk ini telah memproduksi puluhan videografis yang bisa dilihat di youtube channel Kominfo Kepri. Juga telah memproduksi ratusan infografis yang dapat dilihat website kepriprov.go.id maupun kominfo.kepriprov.go.id,” ujar Farouq Qadri, SE, Kasi Hubungan Media.

Disamping itu KSP juga menyediakan layanan informasi bagi masyarakat berupa permintaan informasi tentang Provinsi Kepri yang dapat dilayangkan kepada PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi).

“Sesuai perintah UU nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi public, setiap badan public harus memiliki PPID. Sekarang masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke Dompak untuk memohon informasi. Cukup ke KSP saja di Aula Kantor Gubernur Lama,” ujar Nurzulaecha, S.Sos, Kasi Pengelola Media Komunikasi Publik.

 

(red)

 

, , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *