CKTR Bangun SPAM di Dua Pulau

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Batam, Suhar (Foto: Humas Pemko Batam)

DiamondNews, Batam – Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR) akan membangun sistem penyediaan air minum (SPAM) di Pulau Jaloh Kelurahan Pantai Gelam Kecamatan Bulang.

“Ada 240 sambungan rumah yang akan dilayani dengan SPAM Pulau Jaloh ini,” kata Kepala Dinas CKTR Batam, Suhar di Batam Centre, Selasa (22/1).

Pembangunan SPAM di Pulau Jaloh ini dilaksanakan dengan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) Afirmasi dan APBD sebagai dana pendukung. Adapun DAK yang disiapkan untuk pembangunan SPAM Pulau Jaloh yakni Rp 6.121.931.000. Sementara anggaran murni dari pemerintah daerah sebagai pendukung DAK sebesar Rp 800 juta.

Selain DAK Afirmasi, tahun 2019 ini Dinas CKTR juga mendapat bantuan DAK reguler. Dana sebesar Rp 2,4 miliar akan digunakan untuk peningkatan SPAM Pulau Subang Mas Kecamatan Galang. Peningkatan SPAM ini akan menambah layanan air bersih/air minum untuk 20 sambungan rumah di Pulau Subang Mas.

“Dengan penambahan SPAM ini, kita harap pemenuhan kebutuhan air bersih di hinterland (pulau penyangga) bisa mencapai 35 persen,” ujarnya.

Suhar mengatakan sesuai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), cakupan air bersih di hinterland sebesar 39 persen. Sampai akhir tahun 208, angkanya sudah mencapai 33 persen.

Pada pertengahan 2018 lalu, Dinas CKTR mengajukan 19 kegiatan untuk didanai dari DAK tahun ini. Terdiri dari lima titik pembangunan SPAM, 12 titik Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD), dan dua lokasi Instalasi Pengelolaan Air Limba (IPAL). Total nilai pagu anggaran yang diusulkan untuk seluruh kegiatan adalah Rp 64,7 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Sedangkan total DAK yang CKTR terima di 2018 lalu sebanyak Rp21,3 miliar. Anggaran pusat ini digunakan untuk pembangunan SPAM dan SPALD. Lokasi pembangunan SPAM di antaranya di Tanjunggundap Kelurahan Tembesi Kecamatan Sagulung, Pulau Geranting Kelurahan Pulau Terong Kecamatan Belakangpadang, dan SPAM Rempang Cate Kelurahan Rempang Cate Kecamatan Galang.

 

 

(red)

 

, ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *