Simulasi Pengamanan Pemilu di Wilayah Koarmada I Tahun 2019

Simulasi pengamanan pemilu 2019 (Foto: dwnews)

DiamondNews, Karimun – Danlanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro SE, M.Tr. Hanla memimpin simulasi pengamanan pengendalian huru hara menjelang pelaksanaan pemilu 2019 di wilayah Koarmada I, bertempat di mako Lanal Tanjung Balai Karimun, Kamis (31/1/2019).

 

Massa pendukung salah satu pasangan peserta pemilu bentrok dengan anggota TNI, karena tidak puas lalu memprotes kebijakan hasil dari komisi pemilihan umum atau KPU. Tupoksi TNI sesuai yang tercantum dalam undang-undang RI nomor 34 tahun 2004, pasal 7 ayat 2 tentang TNI, yaitu salah satu wujud dari operasi militer selain perang atau OMSP adalah membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia. Dalam rangka tugas pengamanan serta menegakkan kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan wilayah negara kesatuan Republik Indonesia serta melindungi segenap bangsa Indonesia.

 

 

Seusai pelaksanaan kegiatan  latihan pengamanan pemilu legislatif dan presiden diwilayah Koarmada I tahun  2019, Danlanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro, SE, M. Tr. Hanla Menjelaskan, bahwa sesuai perintah dari Panglima Komando Armada I, dan diikuti oleh seluruh pangkalan utama dan pangkalan TNI angkatan laut. Tujuan utamanya adalah untuk tetap menjaga kesiapsiagaan para personil anggota TNI AL, serta siap untuk memback up pengamanan selama berlangsungnya pesta demokrasi pemilu tahun 2019.

 

Dengan dilaksanakannya kegiatan simulasi pengamanan pemilu legislatif dan presiden diwilayah Koarmada I tahun  2019,  sebagai implementasi dari tugas-tugas tersebut, salah satunya adalah tugas untuk saling membantu dan bersinergi dengan instansi lainnya, dalam hal ini KPU serta Polri atas permintaan bantuannya, dalam menjaga kedaulatan, salah satunya dengan mengamankan pemilu legislatif dan presiden 17 April tahun 2019 mendatang, serta menjaga stabilitas keamanan di wilayah Tanjung Balai Karimun.

 

(red)

 

, , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *