Bawaslu Kota Batam Rangkul Insan Media Dalam Pengawasan Pemilu

gathering bersama awak media cetak, elektronik, dan online, Minggu (3/2/2019) (Foto: dwnews)

DiamodnNews, Batam – Dalam upaya menjalin kerjasama dan kemitraan dalam pengawasan pemilu 2019, badan pengawas pemilu (Bawaslu) Kota Batam, Kepulauan Riau, merangkul seluruh insan media melalui acara gathering bersama awak media cetak, elektronik, dan online, Minggu (3/2/2019).

Dari pertemuan ini diharapkan, dengan independensi yang dimiliki, media akan melakukan sosial kontrol yang berimbang dalam hal pemberitaan, dan juga memberikan informasi edukatif kepada masyarakat tentang hak pilihnya. Selain itu juga pengawasan terkait pelaksanaan aturan berkampanye bagi caleg dan parpol.

Ketua Bawaslu Kota Batam, Syailendra Reza Rrwansyah Rezeki, mengatakan, keberadaan dan peran media bekerjasama dengan Bawaslu dalam pengawasan partisipatif sangat penting dilakukan, terutama dalam mengawal pelaksanaan pemilu yang jujur, adil, dan aman.

Dengan independensi yang dimiliki, insan media yang lebih banyak memahami lapangan, akan sangat membantu dalam memberikan informasi yang bermanfaat bagi kinerja Bawaslu dan bagi pengetahuan masyarakat terkait penyelenggaraan pemilu 2019.

Media dan Bawaslu pada dasarnya memiliki kesamaan peran dalam pengawasan pemilu, sehingga sinergi dan kerjasama dalam mengawal demokrasi yang jujur, adil, dan bermartabat, harus dilakukan. Meskipun pemberitaan sebuah media terkadang lebih kritis, namun harus berkualitas dan berimbang, serta masih sesuai dengan fungsi tugas maupun kode etik jurnalistik.

 

(red)

,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *