Ketua Dewan Presidum NGO 369 Soroti Aturan Baru Kawasan Bebas, Bea Cukai Batam

DiamondNews, Batam – Pemberlakuan peraturan baru yaitu Peraturan Menteri keuangan Nomor 120 tahun 2017 tentang Tata Laksana Pemasukan dan Pengeluaran Barang ke dan dari Kawasan Yang Telah Ditetapkan Sebagai kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas dan Pembebasan Cukai.

Dalam peraturan tersebut terdapat perubahan aturan mengenai barang kiriman yang kemudian dilengkapi oleh PMK 182 tahun 2016. Pengeluaran barang kiriman Kawasan Bebas menuju TLDDP.

Bea Cukai Batam terapkan aplikasi CEISA untuk mempermudah proses pengiriman barang lewat ekspedisi. Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai (BC) Tipe B Batam akhirnya mengiplementasikan aplikasi Custom and Excise Information System and Automation (CEISA) untuk barang kiriman yang dititipkan melalui Perusahaan Jasa Titipan (PJT) atau ekspedisi hal ini memudahkan petugas BC dalam meneliti dokumen atas barang kiriman, memudahkan petugas BC dalam melakukan pemeriksaan barang kiriman dan mempercepat arus layanankepabeanan atas barang kiriman.

Uji coba penerapan sistem aplikasi CEISA PJT sejak 1 Januari 2019. Untuk piloting (uji coba) bagi beberapa perusahaan dilakukan pada 14 Januari 2019 (wajib) CEISA PJT pada Jumat 1 Februari 2019.

Ketua Dewan Presedium Federasi NGO 369 Andi Kusuma mengomentari peraturan  baru yang diterapkan Bea Cukai Batam, menurut Andi kendala yang dialami oleh perusahaan jasa pengiriman saat ini ialah syarat-syarat serta dokumen yang belum dapat diberikan ijin oleh Bea dan Cukai salah satu contoh yaitu proses pelabelan dari PJT yang belum memenuhi syarat dan ketentuan oleh Bea dan Cukai dan proses pengiriman data-data ke system aplikasi CEISA PJT.

Yang diperlukan saat ini adalah pelatihan serta training kepada seluruh PJT agar dapat menjalankan program CEISA dengan baik dan benar.

adanya penumpukan barang yang terjadi disebabkan PJT masih banyak yang belum mampu untuk menjalankan proses CEISA yang telah diberlakukan dan penggunaan fasilitas TPS yang telah ada dan sudah memberikan pelayanan secara online kepada PJT.

 

(red)

 

, , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *