Turnamen catur Danrem Cup I 2019 Resmi Dibuka

(Foto: dwnews)

DiamondNews, Bima – Turnamen catur Danrem Cup I 2019, secara resmi dibuka oleh Kasdim 1608/Bima Mayor Inf Hardani, dimakodim 1608/Bima, Senin (18/2/2019).

 

Kejuaraan yang digelar dalam rangka menyambut HUT Ke-58 Korem 162/WB ini dilangsungkan selama empat hari (18 – 21 Februari 2019) dengan memperebutkan hadiah bernilai total Rp 42 Juta.

 

Dandim menyampaikan bahwa ajang ini hendaknya dapat menjadikan momentum bagi kebangkitan olahraga catur di provinsi NTB, juga menunjukkan bahwa wilayah NTB mulai dari Lombok sampai dengan Bima berada dalam situasi yang aman dan kondusif.

 

Sebelum pertandingan dimulai, secara simbolis dilakukan pertandingan eksebisi kilat antara Ketua Umum Persatuan Catur provinsi NTB Abdul Dzais SH, berhadapan dengan anggota Kodim 1608/Bima.

 

Dalam Kejuaraan yang merupakan turnamen yang kedua kalinya digelar di Makodim 1608/Bima ini diikuti oleh sedikitnya 257 peserta dari berbagai wilayah di provinsi NTB, baik kabupaten maupun kota.

 

”Kenapa digelar kejuaraan Catur karena Permainan ini memiliki banyak filosofi, baik dilihat dari elemen permainannya, seperti bidak, papan catur, aturan dan pemainnya. Mengajarkan kita untuk bermain dengan jujur, patuh kepada aturan, sportif dan kemampuan mengontrol emosi,” Ungkap Kasdim Mayor Inf Hardani dalam sambutannya.

 

Dandim 1608/Bima, Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra mengatakan, Selain untuk memperingati HUT Ke-58 Korem 162/WB juga menyampaikan penyelenggaraan kegiatan juga dijadikan kesempatan untuk menyalurkan hobi para peserta pecinta catur yang cukup banyak di Bima, memelihara dan mengembangkan kemampuan serta pencarian bibit pecatur masa depan.

 

“Karenanya, saya berharap para peserta kejuaraan catur kali ini dapat mengambil makna dari penyelenggaraan kegiatan ini, sejalan dengan tema yang diusung yaitu ‘Membangun Karakter Bangsa yang Dilandasi Semangat dan Nilai-Nilai Kepahlawanan’,” ungkap Dandim.

 

Ketua Bima Chess Club sekaligus Ketua Panitia, Abdul Sukur ST dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas komitmen Danrem 162/WB menggelar turnamen ini demi memajukan olahraga catur di provinsi NTB, “Saya berharap tidak hanya Danrem, tapi instansi lain juga mempertandingkan kejuaraan catur, untuk mengasah keahlian dan menambah jam terbang pecatur junior,” ujarnya.

 

Lebih lanjut, Abdul Sukur ST mengharapkan lahirnya bibit pecatur yang dapat diandalkan, dari ratusan pecatur junior putra dan putri yang ikut ambil bagian dalam HUT Ke-58 Korem 162/WB

Cup ini. Selaku Ketua Pelaksana, Abdul Sukur ST mengatakan, sebanyak 257 pecatur mengikuti ajang ini.

 

“Tidak hanya di kota dan kabupaten Bima yang ikut, tetapi juga dari kabupaten di provinsi NTB. Pecatur bergelar master nasional juga turut berpartisipasi,” Jelasnya.

 

Pembukaan turnamen itu dihadiri pula oleh berbagai perwakilan dari pemerintahan Kota/Kab Bima, Ketua Percasi Prov NTB, Kota & Kab Bima.

 

(red)

 

,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *