Bakamla Tangkap Kapal Vietnam Penyelundup BBM Ilegal

(Foto: dwnews)

DiamondNews, Batam – TNI Angkatan Laut kembali mengamankan satu unit kapal ikan asing asal Vietnam yang telah dimodifikasi menjadi kapal penyuplai BBM.

Sekilas kalau kita melihat secara kasat mata, kapal ini adalah kapal ikan Vietnam, namun saat melihat isi palka kapal, muatan kapal adalah ratusan liter bahan bakar minyak jenis solar. Kapal ini ditangkap oleh patroli kormada 1 di perairan Natuna, Kepulauan Riau.

Kapal ini diamankan karena tidak memiliki ijin berlayar di perairan Indonesia. Selain itu, kapal ini telah dimodifikasi dan memilik bunker atau tempat penyimpanan BBM.

Dari hasil pemeriksaan sementara, kapal ini adalah kapal suplay BBM untuk kapal kapal ikan Vietnam yang melakukan pencurian ikan di perairan, Indonesia, Natuna.

Laksamana pertama Irwansyah, komandan gugus tempur Koarmada I, mengatakan, pada saat ditangkap, kapal ini berusaha menghindar dengan cara mematikan semua penerangan di kapal.

Irwansyah menjelaskan, awalnya petugas merasa curiga kemudan melakukan pengejaran dan berhasil menangkap kapal tersebut di bibir pantai.

Irwansyah  menambahkan, ketika di cek oleh petugas, ternyata kapal tersebut memuat 150 ton BBM di dalam palka yang telah dimodifikasi. Dari hasil interogasi kapal ini merupakan penyuplai BBM kepada kapal ikan Vietnam lainnya yang sering melakukan pencurian ikan di laut Natuna.

Guna pemeriksaan lebih lanjut, kapal beserta muatan dan empat ABK diserahkan ke Lanal Batam untuk di proses sesuai undang – undang yang berlaku di Indonesia.

(red)

 

Tinggalkan Balasan