Pesawat Jet Su-27 Milik Rusia Cegat Pesawat Mata-mata Swedia

jet tempur Su-27 Rusia (Foto: istimewa)

DiamondNews, Moskow – Sebuah pesawat jet tempur Su-27 Rusia mencegat atau mengintersepsi pesawat mata-mata Gulfstream milik Angkatan Udara Swedia di atas Laut Baltik. Menurut militer Swedia, intersepsi itu berlangsung dalam jarak berbahaya yakni sekitar 20 meter.

Kejadian itu berlangsung pada 19 Februari 2019, namun baru dikonfirmasi Kementerian Pertahanan Rusia hari Jumat.

“Sebuah jet tempur Su-27 pada tugas pertahanan udara bergegas untuk menentukan asal dari target,” kata Kementerian Pertahanan Rusia, dalam sebuah pernyataan yang dilansir Sputnik, Sabtu (23/2/2019).

Menurut pernyataan itu, jet tempur Rusia mendekati target pada jarak yang aman untuk identifikasi visual dan mengklasifikasikannya sebagai pesawat pengintai Gulfstream milik Angkatan Udara Swedia.

“Jet tempur Rusia kembali dengan selamat ke pangkalannya setelah pesawat asing itu terbang jauh dari perbatasan Rusia,” lanjut kementerian tersebut.

Kementerian Pertahanan Swedia sebelumnya mengklaim bahwa sebuah jet tempur Su-27 Rusia mendekati pesawat pengintai elektronik Gulfstream secara tidak aman. Jarak intersepsi, menurut kementerian itu hanya sekitar 20 meter (sekitar 65,6 kaki) dan dianggap sebagai jarak berbahaya.

Pada awal bulan ini, militer Moskow melaporkan telah melihat 24 pesawat pengintai asing di dekat perbatasan Rusia dalam seminggu dan harus mengerahkan jet-jet tempur empat kali untuk mencegat pesawat asing.

 

 

(red)

 

, , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *