Haidar Alwi Ingatkan Jokowi Soal Manuver Menteri BUMN Rini Soemarno Jelang Masa Transisi

DIAMONDNEWS, JAKARTA – Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno yang akan merombak jajaran direksi sejumlah perusahaan pelat merah menuai kritik dan kontroversi.

Penanggungjawab Tunggal Aliansi Relawan Jokowi (ARJ), Haidar Alwi mengatakan bahwa upaya yang akan dilakukan Rini Soemarno tidak akan berdampak signifikan terhadap kinerja BUMN. Apalagi menurut isu yang beredar, perombakan justru dilakukan bukan pada perusahaan BUMN yang bermasalah.

“Tidak akan berpengaruh, karena yang menggantinya itu juga bobrok dan bermasalah. Kalau hulunya sudah bobrok, sampai ke hilir pun akan sama,” ujar Haidar Alwi dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/7/2019).

Ia menduga keputusan Rini Soemarno melakukan perombakan saat masa transisi adalah lebih kepada untuk mengamankan para loyalisnya seandainya nanti Rini Soemarno diganti oleh Jokowi dalam kabinet 2019-2024.

“Ini kan jelas sekali ya, kita bisa baca motif di balik perombakan itu. BUMN yang bermasalah malah aman. Sedangkan yang tidak bermasalah malah akan dirombak. Mungkin Rini Soemarno mau tempatkan orang-orang kepercayaannya. Soalnya bentar lagi kan masa jabatannya habis. BUMN yang bermasalah tidak dirombak kenapa? Tujuannya biar jadi beban menteri berikutnya,” tutur Haidar Alwi.

Oleh karena itu, ia meminta dan menyarankan agar Presiden Joko Widodo menunda rencana Rini Soemarno. Sebab, perombakan terhadap jajaran direksi BUMN yang tidak bermasalah justru akan mengganggu kestabilan dan kinerjanya.

Penggiat Gerakan Nasional Anti Radikalisme & Intoleransi itu juga mengingatkan Jokowi tentang Menteri BUMN pengganti Rini Soemarno nantinya. Sosok Menteri BUMN khususnya dan kabinet lima tahun ke depan haruslah diisi dengan orang-orang yang tepat.

“Mudah-mudahan Pak Jokowi menunda rencana Rini Soemarno. Kalaupun perombakan itu urgent seharusnya dilakukan pada BUMN yang bermasalah. Ke depan saya harapkan kabinet Pak Jokowi dan Kiyai Ma’ruf diisi oleh Menteri yang tidak bermasalah. Satu lagi yang tidak kalah penting yaitu punya semangat kebangsaan untuk menghindari masuknya paham-paham radikal di institusi negara,” ucap Haidar Alwi.

Reporter : Hamdi Putra

Keterangan foto : Menteri BUMN Rini Soemarno (kiri) & Penanggungjawab Tunggal Aliansi Relawan Jokowi (ARJ), Haidar Alwi (kanan).

Sumber foto : Istimewa

Attachments area

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *