Deklarasi Forum Kebhinekaan Indonesia, Siap Perangi Radikalisme & Intoleransi

DiamondNews, Jakarta – Ratusan penghuni Rusunawa Marunda, Jakarta Utara yang berada di bawah bendera Forum Kebhinekaan Indonesia mendeklarasikan diri untuk siap sedia memerangi segala bentuk radikalisme dan intoleransi.

Deklarasi tersebut dipimpin langsung oleh tokoh nasional anti radikalisme dan intoleransi, Haidar Alwi, pada Jumat (26/7/19) malam.

Sosok pria alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut terus menggalakkan upaya edukasi tentang bahaya radikalisme dan intoleransi bagi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Embrionya dari sini, nanti kami akan lakukan juga di daerah-daerah lain. Tentunya kami memprioritaskan titik-titik yang dianggap paling rawan. Menyadarkan masyarakat atau menghidupkan kembali semangat kebangsaan agar bersatu melawan kelompok radikal dan intoleran yang ingin mengganti ideologi Pancasila,” ujar Haidar Alwi.

Berikut naskah deklarasi yang dibacakan Haidar Alwi dan diikuti oleh ratusan peserta yang hadir:

*Deklarasi Forum Kebhinekaan Indonesia*

  1. Kami bersatu, di harus terdepan menolak intoleransi dan radikalisme di Indonesia.
  2. Kami bersatu, untuk menjaga dan mengedukasi kepada rakyat akan bahaya intoleransi dan radikalisme.
  3. Kami bersatu, atas nama seluruh umat beragama yang mencintai perdamaian.
  4. Kami bersatu, atas dasar negara kita Pancasila dan akan terus bergandengan tangan dalam satu tujuan bahwa Bhineka Tunggal Ika sebagai landasan kami menuju Indonesia maju.
  5. Kami bersatu, berikrar akan terus merapatkan barisan di seluruh pelosok negeri ini. Indonesia harus bebas dari intoleransi dan radikalisme.

Marunda, 26 Juli 2016.

 

Reporter : Hamdi Putra/red

 

, , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *