Badan Jalan Dijadikan Food Court Oleh Avava Mall Yang Tidak Tersentuh Oleh Pemko Batam

Diamondworld.co.id. Batam – Tim gabungan Pemko dan BP Batam melakukan penertiban terhadap pedagang kaki 5 (PK5) terhadap pelaku usaha di kawasan Tos 3000 Jodoh. Sabtu (4/11/2019).

Pantauan awak media dilapangan bahwa Food Court Avava Mall yang dibangun di badan jalan Tos 3000 tidak tersentuh penggusuran sampai saat ini sehingga menjadi tanda tanya besar oleh masyarakat.

Herwin Saputra Ketua LSM peduli ekonomi rakyat Indonesia dan juga Sekretaris Jenderal Federasi NGO 369, mengatakan, badan jalan yang digunakan untuk dibangun tempat usaha tersebut jelasnya sangat menyalahi aturan.

”Badan jalan bila di gunakan untuk bangunan permanen itu jelas tidak bisa dan melanggar aturan”, ketentuan ini telah di atur di pasal 39 ayat (5), pasal 40 ayat (3), pasal 48, dan pasal 56 ayat (1), Peraturan Pemerintah nomor 34 tahun 2006 tentang jalan.

Di tambah peraturan Menteri Pekerjaan Umum tentang pedoman pemanfaatan dan penggunaan bagian-bagian jalan. Pemko dan BP Batam seharusnya jangan tebang pilih, dalam hal ini harus bertindak tegas dan jika terjadi pelanggaran maka peraturan harus ditegakkan ungkap Herwin.

“Kami menduga Food Court yang dibangun oleh Avava Mall terletak di badan jalan dan ini sudah berdiri lama, mengapa penggusuran hanya dilakukan kepada PK5 saja imbuhnya.

Kita melihat bahwa sementara bangunan food Court itu jelas tidak tersentuh, bahkan kami sudah menyelidiki namun peringatan pun tak ada kata Herwin.

Lebih lanjut lagi Herwin menegaskan, diduga adanya permainan antara pihak Avava Mall dengan Pemko dan BP Batam karena pelanngaran ini seolah ditutup tutupi tutupnya. (rdn)

Tinggalkan Balasan