Danlanal Batam Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2019 Tingkat Kota Batam

Diamondworld.co.id. Batam — Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember, 2019 tingkat kota Batam dipusatkan di Mako Lanal Batam, Minggu (10/11/2019)

Bertindak sebagai inspektur upacara di peringatan Hari Pahlawan tingkat kota Batam Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, sekaligus membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia. Pada hari ini diseluruh pelosok tanah air dan perwakilan Republik Indonesia diluar negeri dapat melaksanakan upacara bendera dan mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik untuk memperingati Hari Pahlawan 10 Nopember 2019 dengan khidmat.

Setiap Hari Pahlawan dapat mengingatkan kita kembali pada peristiwa pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaanya di Indonesia. Peristiwa perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari pada para pendahulu negeri. Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus di tumbuh kembangkan di dalam hati sanubari segenap insan warga negara Indonesia.

Dengan peringatan Hari Pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fatners kita bung Karno yang menyatakan bahwa, ” bangsa yang menghargai jasa para pahlawan dapat menjadi bangsa yang besar ”.

Selain memperingati Hari Pahlawan, kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini. Sebagai mana tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 ” Aku Pahlawan Masa Kini ”.

Menjadi pahlawan masa kini dapat di lakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya. Jika dulu semangat Kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan Kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata internasional.

Peringatan Hari Pahlawan kiranya meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat. Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah di bangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

Selamat Hari Pahlawan tahun 2019, semoga Allah Swt, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan kepada bangsa Indonesia agar dapat menjaga keutuhan NKRI yang telah di perjuangan oleh para pendahulu negeri. Menteri Sosial RI tertanda Juliari P Batubara.

Setelah selesai upacara bendera dan membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia, peserta upacara melakukan upacara tabur bunga bertempat di Dermaga TNI AL Batam, bertindak selaku Irup Komandan Lanal Batam, Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, S.H., M.Si.

Turut hadir pada upacara peringatan Hari Pahlawan 2019, Wakil Walikota Batam H. Amsakar Achmad, S.Sos., M.Si.
Asisten 1 Pemerintah Kota Batam, Yuspa. Danlanal Batam, Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, S.H., M.Si. Dandim 0316/Batam Letkol Inf Ahmad Daud Harahap. Komandan PM 1/6 Mayor CPM Joe Dereal. Kapolresta Barelang diwakilkan Kasatpolair Polresta Barelang AKP. Samsul Rizal. Danyon 10 Mar/SBY diwakilkan Kapten (Mar) Adi Yanuar. Danlanud Hang Nadim Batam, Letkol PNB Urip Widodo. Pasproga Lanal Batam, Mayor Laut (KH) Budi Prasetyo. Pasops Lanal Batam Mayor Laut (KH) Yudhi W.P. S.H. Pasintel Lanal Batam, Mayor Laut (E) Irawan, S.T.
Pasiops Kodim 0316/Batam Kapten Inf H.P. Siregar. Kadis Kominfo Salim. Kadis DLH, Herman Rozi. Asisten 2 Febrialin. Kadisdik Hendri Harulan. Perkim Yudi. Kadisduk Said Khaidar. Kabid sekota Batam. Ketua Legiun Veteran Batam, Ibu Puteri Kaligis beserta jajaran Veteran Batam. Ketua Jalasenastri Cabang 5 Korcab IV DJA I beserta pengurus. Ormas PPM, PP dan Pramuka. Acara berjalan dengan lancar dan hikmat. (Rdn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *