Terobosan Baru Kasatlantas Polresta Barelang, Sosialisasi Menggunakan Voice Announcer di 53 Perusahaan

DNews, Batam – Kasat Lantas Polresta Barelang Kompol Muchlis Nadjar, memberikan sosialisasi pentingnya keselamatan berlalu lintas melalui voice announcer (pesan suara) bertahap di seluruh PT (53 PT) di kota Batam yang diputar pada jam istirahat dan sesaat sebelum karyawan pulang dari tempat kerjanya, bertempat di PT. Sat Nusapersada, Rabu (8/1/2020) pagi. Adapun tujuan kegiatan ini adalah sebagai bentuk terobosan baru yang kami lakukan untuk mensosialisasikan pentingnya keselamatan berlalu lintas atau safety riding.

Dengan kegiatan ini diharapkan lebih banyak masyarakat yang terpapar dengan informasi keselamatan dan sebagai pengingat pentingnya menjaga keselamatan dalam berlalu lintas. Kenapa memilih sosialisasi di PT jelas Muchlis, bahwa kita tahu Batam adalah kota industri sehingga di Batam ada banyak sekali PT/perusahaan yang bergerak dalam bidang industri dan sebagian besar masyarakat kota Batam adalah pekerja industri. Karenanya kami melihat sebagai langkah awal, ini adalah sasaran yang baik dalam memberikan sosialisasi.

Pesan suara (voice announcer) kami siapkan diletakkan dalam flashdisk dimana didalamnya terdapat himbauan pentingnya keselamatan berlalu lintas. Selanjutnya voice announcer dalam flashdisk tersebut diberikan secara cuma-cuma disetiap perusahaan. Waktu pemutaran, dipilih diputar pada saat jam istirahat karyawan dan sesaat sebelum karyawan pulang, tujuannya agar para karyawan sebelum berkendara pulang dari tempat kerjanya, dengan pesan keselamatan tersebut, maka timbul kesadaran dalam dirinya untuk lebih mawas diri, memperhatikan kesiapan diri, kesiapan fisik, mental, termasuk dokumen, sebelum berkendara pulang kerja. Sehingga dengan kesadaran yang muncul ini, para pekerja diharapkan dapat menjalankan prinsip-prinsip safety riding, sehingga pada akhirnya dapat mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Sosialisasi menggunakan voice announcer ini sudah dimulai sejak awal saya menjabat sebagai kasatlantas Polresta Barelang imbuhnya. Dan sampai sejauh ini, (dalam masa 2 bulan) sudah ada 53 PT yang sudah kita sambangi dan sudah mulai aktif menjalankan sosialisasi keselamatan berlalu lintas. Dan untuk kedepannya akan kita lakukan pemantauan berkala, agar mereka tetap menjalankan voice announcer secara berkelanjutan .

Sejalan dengan harapanya semoga dengan kegiatan ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keselamatan diri dan sekitar dalam berlalu lintas semakin meningkat, sehingga harapan saya angka kecelakaan lalu lintas dapat secara signifikan mengalami penurunan. “Selalu saya tekankan kepada seluruh jajaran di Satlantas Polresta Barelang agar untuk kedepannya Satlantas Polresta Barelang semakin kreatif dan inovatif dalam menyajikan terobosan-terobosan baru, yang hasilnya bisa secara langsung berdampak pada turunnya angka kecelakaan lalu lintas.” tutupnya. (rdn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *