Gunung Wisata Ledang Johor Berselimut Mistis Dan Memukau

DNews, Johor Bahru – (17/1/2020) Gunung Ledang di Johor yang berselimut legenda dan dongeng mistis selalu memukau dan menggelitik rasa ingin tahu wisatawan dalam dan luar negeri.

Menurut Legenda Putri Gunung Ledang, Sultan Melaka ingin meminang sang putri menjadi istrinya dan sang putri yang tidak ingin menikah dengannya, menuntut Sultan untuk mempersembahkan tujuh guci air mata wanita, tujuh baki jantung nyamuk, dan tujuh mangkuk darah putra sang Sultan. Setelah sang Sultan tak mampu memenuhi permintaan yang tidak masuk akal ini, sang putri melarikan diri ke gunung dan tinggal di gua tersembunyi, sampai sekarang.

Gunung ini sangat ideal untuk beragam aktivitas luar ruangan dengan jalur gunung yang menantang, air terjun yang dingin, serta flora dan fauna yang eksotis, termasuk beragam jenis burung. Dari puncaknya yang relatif datar, yakni setinggi 1.276 meter di atas permukaan laut, pemandangan Selat Melaka dan bahkan garis pantai Sumatra dapat terlihat pada hari yang cerah. Selain itu, air terjun Sagil dikenal sebagai tempat piknik yang populer di kaki gunung.
Dari North-South Expressway, berbeloklah 25 km setelah Ayer Keroh.

Lanjutkan ke arah Tangkak, susuri jalan desa Route 23 sepanjang 6 km, lewati kota Sagil, kemudian belok kiri ke jalanan di perkebunan kelapa sawit dan berkendara sejauh 1 km. Dari situ, jalan ke kaki gunung Ledang atau Mount Ophir sudah dapat terlihat dengan bagus. (rdn)

Tinggalkan Balasan