Minim Peminat, Mesin “Nyebrang Yuk” Pelindo I Tanjungpinang Tampak Ngangg

DNews, Batam – Sejak diluncurkan pada bulan Juli 2019 lalu, aplikasi “Nyebrang Yuk” oleh Pelindo I cabang Tanjungpinang tampaknya kurang diminati masyarakat.

Pasalnya, sebanyak 4 unit Mesin yang berjejer di samping penjagaan pas masuk Pelabuhan, bagai tak terlihat oleh masyarakat yang kian hilir mudik menggunakan jasa Pelabuhan, bahkan masyarakat seolah tidak menyadari akan adanya Mesin tersebut, karena baik Penumpang yang baru saja tiba maupun hendak berangkat, tampak tidak ada yang singgah menggunakan mesin tersebut.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pihak Pelindo I cabang Tanjungpinang, mulai dari Sosialisasi maupun menggunakan jasa Duta Terminal untuk memperkenalkan aplikasi tersebut kepada masyarakat, namun masyarakat lebih memilih untuk melakukan transaksi pembayaran secara langsung kepada Petugas yang berjaga, dari pada menggunakan aplikasi yang dicanangkan untuk mendukung gerakan non tunai oleh Pemerintah.

“Mesin kita hidup kok Mas, aplikasi juga tetap berjalan normal, hanya saja saat ini peminatnya masih minim Mas”. ujar Humas Pelindo I cabang Tanjungpinang, Ogi Silalahi dalam pesan WhatsApp kepada Media ini, Senin (24/2) pagi.

Di era digital yang semakin canggih saat ini dengan mengunakan sistem online, untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pembelian tiket kapal tanpa harus mengantri, PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang menyediakan layanan online E- Ticket yang bisa digunakan kapanpun di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP).

Seperti diketahui sebelumnya, PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang telah meresmikan penggunaan aplikasi “Nyebrang Yuk” ini pada bulan lalu, dan aplikasi tersebut juga bisa di download melalui Play Store.

Operasional PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang, Dony Arman mengungkapkan bahwa, sejak diresmikannya aplikasi “Nyebrang Yuk” tersebut, saat ini sudah ada beberapa penumpang yang tertarik untuk menggunakan aplikasi itu.

“Dalam beberapa hari ini, sudah ada sekitar 20 penumpang yang membeli tiket dengan menggunakan aplikasi yang kita sediakan ini, memang belum terlalu banyak, namun hal itu setara dengan angkutan Kapal yang kita sediakan,” kata Dony.

“Saat ini kita baru bekerjasama dengan Kapal Marina tujuan Telaga Punggur, Kota Batam, kedepannya kita akan mengupayakan untuk bekerjasama dengan Kapal lainnya dengan tujuan keberangkatan yang berbeda tentunya,” ungkap Dony.

Dikatakan Dony, untuk menyebarkan informasi terkait aplikasi ini, pihak Pelindo I Cabang Tanjungpinang saat ini telah menugaskan Duta Terminal untuk melakukan Sosialisasi kepada masyarakat, khususnya para pengguna jasa Pelabuhan SBP Tanjungpinang.

“Kami sudah menugaskan Duta Terminal yang selalu standby pada pintu masuk pembelian tiket, agar dapat menawarkan sembari menjelaskan bagaimana cara menggunakan aplikasi ini,” ucapnya.

Dikesempatan yang sama, Duta Terminal, Friska menyampaikan bahwa dengan menggunakan aplikasi “Nyebrang Yuk”, masyarakat akan mendapatkan beberapa keuntungan, seperti salah satunya tidak perlu lagi mengantri dan bertatap muka dengan penjual tiket dalam pembelian tiket.
“Aplikasi ini dapat dibeli kapanpun, dan untuk menggunakannya juga bisa kapan saja, dengan limit penggunaan tiket yang dibeli selama 3 Bulan,” terang Friska.

Disampaikan Friska, untuk kendala dalam menggunakan aplikasi ini mungkin dalam pembayarannya saat menggunakan ATM, karena tidak semua masyarakat menggunakan ATM, apalagi tidak semua Bank yang dapat
digunakan untuk pembayaran pada aplikasi “Nyebrang Yuk”.

“Untuk pembayaran, aplikasi “Nyebrang Yuk” baru dapat dibayarkan dengan pengguna Bank BNI dan BRI, jadi mungkin kendalanya disitu juga salah satunya,” jelasnya Friska.(Rudi/agung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *