Haul Guru Sekumpul 2020 Dihadiri Lebih 100 Ribu Pengunjung

DNews, Batam – H. Ipan warga Banjarmasin di Warung Ortega (28/2/2020) mengatakan kepada awak media Ketika berkunjung ke Banjarmasin mengatakan bahwa Haul Guru Sekumpul dilakukan setahun sekali dihadiri 100 ribu pengunjung Termasuk luar Negeri dalam rangka memperingati wafatnya Guru besar Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari.

Beliau adalah salah seorang ulama dan tokoh yang sangat kharismatik dan populer di Kalimantan. Lahir 11 Februari 1942 di Tunggul Irang, Wafat 10 Agustus 2005 di Sekumpul, terang Ipan. Lanjut Ipan beliau dimakamkan di makan Muhammad Zaini Sekumpul, jelas Ipan. 

“Sebagai seorang guru kharismatik beliau sangat dirasakan oleh masyarakat bahkan pulau jawa, daerah lainnya setelah Indonesia serta seluruh pelosok luar Negeri” kata Ipan. Acara dimulai hari sabtu 29/2/2020 dan puncak acara hari Minggu. Namun hari ini Jumat, pengunjung sudah penuh memadati Desa Sekumpul Kabupaten Banjarmasin. Dari Malaysia sudah hadir 2000 Jamaat, bahkan pemerintah Banjarmasin telah menjadikan hari tersebut agenda setiap tahun. Uniknya, dalam memperingati hari tersebut masyarakat berbondong – bondong bersedekah kepada pengunjung yang datang dan seluruh pedagang menutup usahanya pada acara tersebut. Jadi pengunjung dijamin tidak kelaparan, semua makanan telah tersedia disetiap warung dan gratis, tutur Ipan. (HR/Tim)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *