Menyambut Pengunjung Haul Guru Sekumpul Masyarakat Banjarmasin Sedekah di Seluruh Penjuru Jalan

DNews, Batam – Menyambut pendatang yang hadir baik dari berbagai daerah maupun luar negeri seluruh masyarakat Banjarmasin berbondong -bondong sedekah disegala penjuru jalan menuju tempat Haul Guru Sekumpul yang diselenggarakan selama dua hari dan puncak acara hari minggu 1/3/2020.

Menurut salah satu warga Tatak Ketika diminta keterangan mengatakan bahwa Haul Guru Sekumpul diadakan setahun sekali, dan sudah menjadi tradisi bagi masyarakat bersedekah di tempat masing-masing tepi jalan menuju lokasi memberikan sedekah makanan, minuman dan apa saja yang mampu meraka sedekahkan kepada pengunjung yang datang. Dan pada hari tersebut hampir seluruh pedagang menutup dagangannya.

Sambil menunjuk kearah jalan Tatak melanjutkan bahwa sejak hari Jumat jalan sudah mulai macet, diprediksi pengunjung mencapai 50 ribu pengunjung dari berbagai daerah dan luar negeri. Kabarnya dari Malaysia pengunjung yang akan datang lebih 2000 pengunjung belum lagi negara lain.

“Masyarakat di sini sangat kompak, ngak gampang dipecah – pecah oleh orang luar. Dalam memperingati Haul Guru Sekumpul ini contohnya, bukan masyarakat Islam saja yang bersedekah, Agama lain juga ikut membantu menyukseskan Haul tersebut. Mungkin di daerah lain pada acara besar seperti ini momen mencari nafkah, karena pengunjung banyak datang, tapi kami malah menutup tempat usaha dan bersedekah bagi saudara kita yang berkunjung, namun satu hal yang menjadi keyakinan masyarakat Banjarmasin, bahwa semua Itu tidak mengurangi rezeki”, jelasnya Tatak.

Haul Guru Sekumpul puncaknya hari ini Minggu 1 Maret 2020 sekaligus memperingati wafatnya Abah Guru Sekumpul tuturnya Mengakhiri. (HR)

Tinggalkan Balasan