DPRD Batam Sidak Pembuangan Limbah B3, Ismail Ketua Aliansi LSM Ormas Minta Pelaku Dihukum Seberat – Beratnya

DNews, Batam – Ketua Aliansi LSM dan Ormas Ismail (4/5/2020) angkat bicara melihat kejahatan lingkungan seolah kebal hukum, “Setelah kita turun kelapangan maka kita menyimpulkan bahwa pelaku pembuangan limbah B3 di Barelang harus mendapat hukuman seberat – beratnya”.

Lanjut Ismail melalui Whatshatp pribadinya mengatakan bahwa kasus ini harus diusut tuntas sehingga ada kepastian hukum dan pelakunya dihukum seberat- beratnya. “Sekarang DHL sudah mengamankan lokasi tersebut dengan memasang border line berarti DLH sudah melakukan tindakan hukum dan sudah barang tentu dapat melakukan upaya selanjutnya untuk memanggil para saksi, dan pasti sudah mengetahui pelaku yang sebenarnya. Pelaku wajib bertanggung jawab, dan kami minta DLH kota batam tidak hanya sebatas memasang border line tapi menindaklanjuti proses hukumnya”, kata Ismail.

Ismail menjelaskan, “bahwa hal ini telah melanggar Undang undang no 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup pasal 104 berbunyi : Setiap orang yang melakukan dumping limbah dan atau bahan ke media lingkungan hidup tanpa izin sebagaimana dimaksud dalam pasal 60, dipidana dengan pidana penjara paling lama 3(tiga) tahun dan denda paling banyak Rp 3.000.000.000,00 (tiga miliar rupiah)”.

“Lokasi tersebut juga sudah disidak oleh Rombongan Komisi III DPRD kota Batam pada hari senin 5/4/2020 dimana salah satunya Muhammad Rudi dari Fraksi Gerindra. Dan disaat itu lokasi langsung dipasang border line”, tutur Ismail.

Sementara Muhammad Rudi Anggta Komisi III DPRD kota Batam mengatakan, “pembuangan dan penimbunan limbah sungguh sangat parah dan selanjutnya kita akan memanggil semua pihak untuk Rapat dengar pendapat (RDP) dikantor DPRD Batam dalam waktu dekat”. (HR))

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *