Hari Ini 7/5/2020 Tranportasi Komersil Kembali Beroperasi, Masyarakat Berkebutuhan Kusus Bisa Pulang Kampung

DNews, Batam – Sejumlah orang dengan kepentingan khusus dapat melakukan perjalanan menggunakan transportasi komersial saat masa pelarangan mudik berlangsung, “Orang-orang berkebutuhan khusus dibolehkan. Ada orang tua yang akan menikahkan anaknya di Jakarta atau orang yang keluarganya meninggal,” tutur Budi Karya dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Rabu, 6 Mei 2020.

Pembukaan pengoperasian angkutan umum untuk seluruh moda pada hari ini 7/5/2020, namun yang dapat di izinkan adalah penumpang berkepentingan tertentu dan bukan untuk mudik jelas Budi Karya.

Selain berkepentingan khusus juga termasuk pengecualian untuk 10 ribu pekerja musiman yang kehilangan pendapatan dan mereka ingin kembali kerumahnya. Budi Karya menjelaskan pihak yang dibolehkan melakukan perjalanan adalah yang memiliki kriteria sebagai berikut :

  1. Pegawai yang bekerja di bidang pelayanan pertahanan, keamanan, ketertiban umum, kesehatan, kebutuhan dasar, fungsi ekonomi, dan percepatan penanganan Covid-19.
  2. Penumpang yang membutuhkan penanganan medis.
  3. Penumpang dengan kepentingan mendesak, misalnya ada keluarga yang meninggal.
  4. Pemulangan WNI serta pelajar dari luar negeri yang akan pulang ke daerah asalnya.

Budi Karya mengakui, kebijakan ini tidak mudah dijalankan di lapangan. Karena itu, ia meminta komitmen pemerintah daerah untuk ikut mengawasi agar pergerakan mudik tetap bisa ditekan.

Adita Irawati Juru Bicara Kementerian Perhubungan memastikan kebijakan ini tidak mengubah peraturan yang telah berlaku sebelumnya, yakni PM Nomor 25 Tahun 2020 tentang larangan mudik. “Tetap pelarangan mudik Idul Fitri dan pembatasan orang untuk keluar dari wilayah PSBB. Yang diatur itu pengecualian untuk kepentingan khusus,” tuturnya kepada wartawan. (Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *