Dalam Memperingati Hari lahir Pacasila 1 Juni 2020 Federasi NGO 369 Mengajak Seluruh Organisasi Bersatu Menjaga NKRI

DNews, Batam – Ketua Dewan Presidium Federasi NGO 369 Andi Kusuma, SH. M.Kn mengajak seluruh organisasi dan elemen masyarakat untuk tetap bersatu. Hal ini disampaikannya pada tanngal 1 Juni 2020 dimana bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila.

Andi menjelaskan tentang sejarah lahirnya pancasila dimana ketika itu Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai pada tanggal 1 Juni 1945 berpidato, Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal “Pancasila” pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia.

“Indonesia adalah sebuah negara yang besar dan luas, hanya dengan persatuan negara ini dapat dijalankan. Jika kita terpecah – pecah maka negara ini akan segera hancur”, ucap Andi Kusuma. Lanjutnya bahwa Federasi NGO 369 adalah gabungan dari LSM dan Ormas di wilayah Kepulauan Riau dimana tujuannya adalah untuk menjaga dan mengawal NKRI dari perpecahan tersebut. Andi menghimbau agar semua elemen masyarakat tetap kompak dan bersatu dalam mempertahankan Idiologi bangsa.

Andi menegaskan bahwa, “sebagai generasi penerus bangsa kita harus memahami dan menjaga Pancasila, para leluhur telah mewariskan kepada kita setelah mereka merebut kemerdekaan untuk Ibu Pertiwi. Dalam Pancasila terkandung 5 Sila yang harus kita amalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dan dibawah lambang tersebut sebuah perisai yang bertuliskan Bhineka Tunggal Ika yang artinya walau kita berbeda – beda tapi tatap satu bangsa yaitu Indonesia”, jelas Andi Kusuma. (HR)

Tinggalkan Balasan