Pengurus Keluarga Besar Piaman Laweh Kepri Mengunjungi Warga Piaman Batam Pelaku UKM Sebagai Contoh Projek Ekonomi Kerakyatan

DNews, Batam – Ketua Umum DPP Keluaraga Besar Piaman Laweh Saripuddin Andi Bolla mengunjungi pelaku usaha UKM/ IRT warga Piaman Laweh di Sagulung kota Batam pada tanggal 4 Juni 2020. Turut mendampingi Sekjen KBPL Herwin saputra, Ketum PPL Soni Piliang beserta Jajaran dan ibu – ibu Gandoriah Piaman Laweh kota Batam.

Andi Bolla mengatakan, “Pelaku usaha Industri Rumah Tangga harus digalakan terutama bagi warga kita Piaman laweh yang ada di kota Batam. dalam kondisi saat ini yang dapat menyelamatkan ekonomi keluarga adalah pelaku usaha rumahan seperti ini. Kita Harus berkaca kepada peristiwa ’98 dimana kondisi moneter saat itu negara dapat terbantu oleh Ekonomi kerakyatan”.

Lanjut Andi Bolla menjelaskan, “kami melihat salah satu warga Piaman di Sagulung dan kami sangat bangga bahwa usaha yang dimulai dari nol dan telah berjalan delapan tahun sudah berpenghasilan bersih mencapai 200 ribu per hari. Bayangkan kalau usaha ini disuport oleh pemerintah kota Batam, saya yakin ini juga dapat menggenjot PAD Pemerintah kota Batam”, tutur Andi Bolla yang saat ini juga menjabat DEKOPINDA Provinsi Kepri.

Oyong Chan pemilik usaha Keripik mengatakan, ” Kami berusaha sejak 8 tahun yang lalu. Awalnya kami kecil – kecilan saja, ya .. dari tepung 3 kg, ubi 5 kg secukup uang saja. Alhamdulillah sekarang sudah seperti saat ini”.

Diteruskan oleh Oyong bahwa untuk mengerjakan usahanya ini beliau sudah menggunakan mesin yang dirancangnya sendiri. “untuk menunjang usaha saya sudah mengunakan mesin yang saya rancang sendiri, jadi pekerjaan dapat terbantu. saat ini usaha kami masih bersifat kekeluargaan dan belum menggaji keryawan, karena kami masih terbentur dalam pemasaran. Dalam kesempatan ini saya minta kepada pak Andi Bolla agar dapat membantu kita dalam mengurus perizinan sehingga produk kami bisa bersaing hingga kedaerah lain”, ucap Oyong.

Sudirman Piliang Ketua 2 PPL dalam kesempatan tersebut mengatakan, “usaha ini akan menjadi projek percontohan bagi warga Piaman. kita akan merangkul Gandoriah Piaman Laweh dan akan membina jika mau menjadi pelaku usaha Industri Rumah Tangga seperti ini. Kami sebagai Pemuda Piaman Laweh akan menyiapkan konsep ekonomi kerakyatan agar masyarakat Batam khususnya warga Piaman Laweh dapat meningkatkan pendapatan dan membantu keuangan keluarga”, jelas Sudirman mengakhiri. (HR/Red)

Tinggalkan Balasan