Koperasi Neo Mitra Usaha, “Pemberitaan Yang Mengatakan Diduga Telah Menipu Anggotanya Tidak Benar”

DNews, Tebo Jambi – Terkait pemberitaan sebelumnya berjudul Koperasi Neo Mitra Usaha Diduga Telah Menipu Anggotanya, Ketua koperasi Neo Mitra Usaha Wahyu Murtono menjawab dengan surat bernomor : 229/KNMU.5758/RB/VI/2020 tentang Hak jawab dan Klarifikasi (21/6/2020).

Terkait pernyataan anggota koperasi mewajibkan setiap yang bergabung pada KNMU harus menanam modal dan surat perjanjian menyatakan pembagian 4 persen, “Hal tersebut tidak benar, Anggota dengan keinginan sendiri mengikuti program pemupukan modal dikelola mengunakan sistem bagi hasil mulai dari 1 sampai dengan 4 persen disesuaikan dengan keuntungan yang didapat dari unit usaha KNMU. Hal ini tertuang dalam perjanjian yang telah disepakati dan ditanda tangani antara anggota dan pengurus koperasi mengacu kepada UU No 25 tahun 1992 tentang perkoperasian, PP 33 tahun 1998 tentang modah pernyataan koperasi, dan permenkop dan UKM RI no 11 tahun 2015 tentang petunjuk pelaksanaan pemupukan modal pernyataan pada koperasi”.

KNMU juga meyanggah bahwa telah merugikan anggota apabila dana ditarik belum sampai 5 tahun akan dipotong 30 persen dalam 2 bulan, “kami sampaikan bahwa dalam perjanjian program pemupukan modal didalam pernyataan KNMU antara 1 sampai 5 tahun dengan prinsip usaha bersama yang didalamnya juga tertuang pembagian keuntungan hasil usaha dan tentang resiko kerugian”.

KNMU menyatakan “bahwa keterangan yang bersumber dari saudara Martin Seragih selaku ketua LSM Mawar Indonesia sama sekali tidak sesuai dengan fakta dan harus dipertanggung jawabkan dihadapan hukum dengan mengunakan sumber dan bukti yang sah. karena hingga sekarang¬† KNMU masih tetap beroperasi memberikan layanan kepada para anggota. KNMU tidak pernah merekomendasikan anggotanya melakukan pinjaman dana ke Bank untuk ikut program pemupukan modal melainkan keinginan anggota sendiri”.

Dalam surat hak jawab tersebut ketua KNMU Wahyu Murtono mita dimuat kembali hak jawabnya sebagai perbandingan bagi masyarakat tentang kejelasan yang terjadi sebenarnya ditubuh Koperasi Neo Mitra Usaha. (Red/ Syg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kepala Sekretariat Kompolnas RI Brigjen Pol Purwolelono,S.IK,MM. Menghimbau Pendamping Komisioner Kompolnas Mampu Layaknya Seorang Jurnalis

Sen Jun 22 , 2020
DNews, Jakarta – Peningkatan Sumber […]