PT. Bahtera Alam Cakrawala Dilaporkan atas Dugaan Penipuan dan Penggelapan Biaya Pemanfaatan Alat Atas Pekerjaan Tanah Urug

Diamondworld.co.id Batam – Selasa, 23/9/2020 PT. Total Prima Terpercaya melaporkan PT. Bahtera Alam Cakrawala terkait dugaan penipuan atas biaya pemanfaatan alat untuk pekerjaan tanah urug yg diambil oleh PT. Bahtera Alam Cakrawala.

Andi Kusuma, SH. MKn dari LBH Gold Dragon Trus mengatakan, “Seperti diketahui, PT. Total Prima Terpercaya adalah Kontraktor pelaksana pekerjaan cut and fill untuk pembangunan villa dan agro wisata Air Kulah Kabupaten Lingga yg dikerjakan oleh PT. Berkah Pulau Lingga. Tanah urug yang merupakan hasil dari pemotongan lahan tersebut kemudian diambil oleh PT. Bahtera Alam Sejahtera, dengan perjanjian bahwa PT. Bahtera Alam Sejahtera bersedia membayar biaya pemanfaatan alat dan biaya upah kerja serta biaya-biaya lainnya terkait pemindahan tanah urug tersebut”, tuturnya.

“Hal ini tercantum dalam surat perjanjian kerjasama antara PT. Bahtera Alam Sejahtera dengan PT. Total Prima Terpercaya”, jelas Andi diruangan kerjanya.

Namun pada kenyataannya, saat tanah urug itu sudah diangkut sebanyak 10 tongkang, PT. Bahtera Alam Cakrawala tidak melaksanakan kewajibannya sesuai apa yang tercantum dalam surat perjanjian.

Dijelaskan Andi, “Setelah ditelusuri, ternyata PT. Bahtera Alam Cakrawala telah melakukan penjualan tanah urug tersebut kepada PT. Quality Sukses Sejahtera yang berlokasi di Kalimantan Barat, dan juga telah menerima pembayaran atas penjualan tanah urug dimaksud. Setelah melakukan penelusuran lanjut, PT. Total Prima Terpercaya juga mendapatkan fakta di lapangan bahwa diduga PT. Total Quality Sukses Sejahtera adalah perusahaan yang melakukan eksport bauksit dan tanah urug yang diangkut dari lahan milik PT. Berkah Pulau Lingga untuk dijual keluar negeri atau eksport”.

Dalam hal ini, PT. Total Prima Terpercaya merasa ditipu oleh PT. Bahtera Alam Cakrawala baik dari sisi pembayaran maupun pemanfaatan tanah urug yang tidak sesuai dengan kontrak.

” Atas perbuatannya, pada hari ini PT. Total Prima Terpercaya, melalui kuasa hukumnya Lembaga Bantuan Hukum “Gold Dragon Trust” membuat laporan kepolisian agar tindak pidana ini dapat diusut tuntas oleh aparat penegak hukum, sesuai dengan Undang – Undang yang berlaku di negara kesatuan Republik Indonesia”, Tegas Andi Kusuma, SH. MK.n.,

Andi Kusuma, SH. MKn menegaskan bahwa langkah-langkah yang akan ditempuh ada berbagai tahapan. ” Ada beberapa tahapan langkah yang akan ditempuh yaitu selain melaporkan perbuatan pidana yang terjadi, juga akan melakukan gugatan secara perdata dan akan melayangkan surat kepada pihak dan instansi terkait untuk menertibkan dan membekukan izin perusahaan yang diduga melanggar ketentuan undang – undang dan juga melakukan perbuatan pidana dalam hal ini PT. Bahtera Alam Cakrawala dan PT. Quality Sukses Sejahtera”, tegas Andi mengakhiri. (Red)

Tinggalkan Balasan