Bawaslu Batam Proses 12 Laporan Pelanggaran Pilkada

Diamondworld.co.id, Batam – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam menerima 12 laporan pelanggaran pemilu dari masyarakat. Beberapa diantaranya sudah ditindak lanjuti untuk menjalani proses pemeriksaan dan disampaikan ke pusat.

Anggota Bawaslu Batam, Mangihut Rajagukguk mengatakan, pihaknya akan memproses setiap laporan yang masuk ke Bawaslu. Hanya saja ada beberapa laporan yang memang tidak bisa ditindak lanjuti karena tidak cukup bukti.

“Kalau kami temukan bukti ada pelanggaran pemilu, pasti kami tindaklanjuti,” kata Mangihut di Hotel Harris Batam Center, Sabtu (7/11/2020).

Dicontohkan seperti laporan terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Batam. Pihaknya sudah melakukan pemeriksaan dan memberikan rekomendasi kepada KASN untuk memberikan sanksi kepada PNS yang terbukti melanggar netralitas.

Mangihut menjelaskan untuk ASN pihaknya hanya memberikan rekomendasi kepada KASN. Kemudian untuk sanksinya tentu sesuai dengan aturan Undang-Undang yang berlaku terkait dengan ASN tersebut.

“Kalau untuk sanksi KASN yang memberikan kepada ASN yang melanggar. Kalau kami hanya memberikan rekomendasi berdasarkan bukti pelanggaran yang ada,” jelasnya. (agung)

Tinggalkan Balasan