Dalam Kunjungannya Mendagri Berpesan Pilih Yang Mampu Tangani Covid-19 Dan Dampak Ekonomi

Diamondworld.co.id Batam – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian dalam lunjungannya mengingatkan para pasangan calon (paslon) kepala daerah untuk memiliki karakter yang berintegritas dan bersikap teguh pada komitmennya dalam menangani Covid-19, serta masalah sosial ekonomi yang ada di daerahnya masing-masing.

“Saya menyarankan kiranya kita harus kembali kepada komitmen kita, komitmen menjadi kepala daerah, kalau pikirannya untuk mencari kekayaan atau untuk mendapatkan pujian dari manusia, saya kira lebih baik lupakan, karena nanti bermasalah,” tegasnya.

Ia berharap, kekuasaan yang diperoleh para paslon yang akan memenangkan kontestasi sebagai pemimpin tertinggi di daerahnya memiliki nawaitu yang tulus untuk mengabdi kepada rakyat sehingga rakyat dapat memiliki kehidupan yang lebih baik. “Jadi tolong nawaitunya atau niatnya harus tulus untuk mengabdi kepada rakyat,” kata Mendagri saat memberikan sambutan pada Kegiatan Webinar Pembekalan Pilkada Berintegritas Series 5 (Provinsi Kepulauan Riau, Lampung, Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Timur) dengan Tema: “Mewujudkan Pimpinan Daerah Berkualitas Melalui Pilkada Serentak yang Jujur Berintegritas” di Radisson Golf and Convention Center, Batam, Hari Selasa (10/11/2020).

Mendagri mengucapkan apresiasi terhadap daerah-daerah yang sudah merealisasikan anggaran KPU, Bawaslu dan Pengamanan khususnya untuk mendukung Pilkada Serentak 2020.
“Saya mengucapkan terima kasih banyak untuk seluruh jajaran di Kepri karena untuk KPU, KPUD provinsi dan 6 kota/ kabupaten semuanya sudah 100% , untuk Bawaslunya juga 100 persen semua, dan untuk Pengamannya juga sudah 100 persen semua,” terangnya.

“Untuk provinsi Lampung realisasi anggaran KPU dan Bawaslu juga sudah 100 persen. Namun, untuk realisasi anggaran Pengamanan, Kota Bandar Lampung dan Kota Metro masih belum mencapai 100 persen sehingga diharapkan untuk segera menyelesaikan nya. Ia mengakui akan memerintahkan tim dari Kemendagri serta meminta bantuan dari KPK dan Polri untuk mengecek langsung ke lapangan”, tutur Tito karnavian.

Di sisi lain Ketua KPK Firli Bahuri juga menyampaikan, “Siap-siap, minggu depan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menangkap dua orang kepala daerah”.

Seperti diketahui, saat ini Ketua KPK Firli Bahuri sedang berada di Batam, Kepulauan Riau sampai Hari Rabu tanggal (11/11/2020). Beliau mengatakan, sepanjang tahun 2020, pihaknya sudah menahan tiga orang kepala daerah.

“Bapak lihat aja nanti, minggu depan ada dua orang lagi, bupati dan wali kota”, kata Firli. Namun Firli tidak membuka identitas dua kepala daerah yang akan ditahan KPK tersebut. (Red/ Agung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *