Indonesia Police Watch Ajukan 4 Persyaratan Untuk Calon Kapolri

Diamondworld.co.id Jakarta – Jelang penggantian Kapolri Jendral Idham Azis, Indonesia Police Watch (IPW) mengajukan empat persyaratan yang harus dipenuhi calon Kapolri yaitu tidak bermasalah, kapabel, mumpuni dan promoter. Hal tersebut disampaikan Ketua Presidium IPW, Neta S Pane (16/11/2020).

Calon Kapolri harus pernah menjadi Kapolda di daerah rawan, agar instingnya mengantisipasi Kamtibmas mumpuni dan keamanan Indonesia tetap prima.

Kemudian calon Kapolri yang dipilih harus paham dengan manajemen dan organisasi Polri. Karena persoalan besar di Polri saat ini adalah penumpukan personil di jajaran tengah dan atas, seperti AKBP, Kombes hingga jenderal yang ‘nganggur’ atau tidak memiliki job pekerjaan yang jelas. Hal tersebut membuat anggaran tersedot untuk fasilitas mereka. Pemberian pangkat Jendral jangan hanya karena perkawanan, tapi harus berorientasi kepada kebutuhan Polri.

Yang ketiga syarat calon Kapolri kata Neta S Pane harus memahami kebutuhan fasilitas, sarana, dan prasarana Polri sehingga proyek-proyek pengadaan di Polri tepat guna dan sasaran untuk kepentingan kepolisian dalam menjaga kamtibmas. Jangan hanya gara-gara kenal dengan Kapolri kemudian diberi proyek pengadaan sehingga proyek tersebut tidak bermanfaat bagi kepentingan Polri.

Keempat, figur calon Kapolri harus paham mengenai sistem karir untuk mengembangkan tugas profesional kepolisian. Tujuannya, agar jangan sampai ada seorang pejabat kepolisian yang bertahun-tahun bertugas di satu tempat, tak kunjung dimutasi.

Dalam waktu dekat ada beberapa Jendral bintang tiga akan pensiun, jendral bintang dua dapat di geser kesana dan bisa masuk nantinya kedalam bursa calon Kapolri. Peluang tersebut terbuka untuk semuanya, namun kembali kepada Presiden jelas Neta. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *