Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Barelang Himbau Elemen Masyarakat Jaga Kekompakan Dan Kamtibmas Di Hari Bela Negara

Batam | diamondworld.co.id – Pokdarkamtibmas Bhayangkara mengucapkan Selamat memperingati Hari Bela Negara (HBN) ke- 72 yang diperingati setiap tahunnya 19 Desember. Hal ini disampaikan Herwin Saputra Wakil Ketua Resor Barelang Pokdarkamtibmas Bhayangkara pada hari Sabtu, 19 Desember 2020 di ruang kerjanya.

“Hari Bela Negara berkaitan dengan Deklarasi Pemeritahan Darurat Republik Indonesia oleh Mr. Sjafruddin Prawiranegara tahun 1948. Dan HBN disahkan melalui Keppres No 28 tahun 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono”, jelas Herwin.
Ditambahkan Herwin, “tepatnya HBN ini untuk mengenang peristiwa Agresi Militer ke 2 yang dilakukan oleh Belanda, dimana belanda ketika itu mengumumkan tidak ada lagi negara Indonesia. Dan awalnya belanda menguasai Yogyakarta saat itu menjadi Ibu Kota Republik Indonesia”, ungkapnya.

Herwin menjelaskan sejarah bahwa ketika Belanda masuk Ke Yogyakarta, Presiden Sukarno langsung bertindak mengirimkan telegram atas serangan ke Yogyakarta. Dan saat itulah Sukarno menugaskan Sjarfrudin Perwiranegara membentuk kelompok Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI).

“Setelah Yogyakarta jatuh ketangan Belanda, Bukittinggi, Sumatra Barat, menjadi Ibukota Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada 19 Desember 1948 sehingga peristiwa tersebut ditetapkan sebagai Hari Bela Negara”, jelas Herwin yang juga menjabat Ketua Komite Sekolah Menegah Atas Negeri 21 Batam.

Untuk mengenang seharah tersebut, Pemerintah Republik Indonesia telah membangun Monumen Nasional Bela Negara di salah satu kawasan pernah menjadi basis PDRI dengan luas 40 Ha. Tepatnya di Jorong Sungai Siriah Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh, Kabupaten Lima puluh Kota, Sumbar.

Untuk memperingati Hari Bela Negara Kementrian Pertahanan telah memberikan tema, “Semangat Bela Negara Wujudkan SDM Tangguh dan Unggul”, atau beredar juga poster bertulisan #AyoBelaIndonesiaku.

Menutup wawancaranya Herwin Saputra sebagai Waka Resor Barelang Pokdarkamtibmas Bhayangkara menghimbau seluruh elemen masyarakat, “mari jaga kekompakan dan tingkatkan sadar kamtibmas di massa Covid-19 di Kota Batam”, tutupnya.(Agung/tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *